Oemah Jamur

Oemah Jamur
Inovasi Budidaya Jamur Tiram Putih

Bisnis UKM

Bisnis UKM
Informasi Peluang Bisnis UKM di Indonesia

Pengusaha Muslim

Pengusaha Muslim
Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia
Informasi Seputar Pertanian Indonesia dapat didapatkan di Sini

Langsing dengan nanas

Selasa, 08 September 2009


Nanas, rasanya manis-manis sedikit asam. Cocok untuk rujakan, jus, atau dimakan langsung. Jangan lupa, buah yang disebut pineapple ini punya manfaat bagi kesehatan yang tak sedikit.

Buah yang berasal dari Brazil ini punya khasiat yang patut diacungi jempol sekaligus semakin menimbulkan kesadaran pada diri kita bahwa memang tidak ada sesuatu pun yang diciptakan Alloh bernilai sia-sia. Rabbana maa khalaqta haadza baathila.

Ternyata buah yang punya nama latin Ananas comosus (L.) Merr ini bisa meluruhkan timbunan lemak yang berlebihan didalam tubuh. Dengan nanas, tubuh yang semula gembul berlahan-lahan menjadi langsing dan singset. Bukan hanya itu, buah yang dipenuhi oleh sisik emas ini mempunyai system pertahanan tubuh menjadi lebih solid. Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain yang tersimpan di buah nanas bisa digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri.

Potensi Obat

Enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Kandungan serat nanas yang cukup tinggi, cocok untuk mengobati sembelit. Nanas juga cukup baik kikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit. Dalam nanas terdapat zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh. Buah dan daun nanas bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati. Nah, berikut ini di antara cara pemanfaatan nanas.

Menurutkan berat badan

Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci sampai bersih. Potong seperlunya, lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Agar sari nanas diperoleh secara maksimal, peraslah dengan potongan kain bersih. Minum air nanas sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Radang tenggorokan

Sediakan 2 buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, kemudian parut atau dibuat jus. Peras airnya. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.

Efek samping

Meski banyak khasiatnya, nanas juga punya beberapa efek samping. Misalnya nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurakan kandungan. Demikian pula, ia dapat memicu saluran rematik di dalam saluran cerna. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas. Nanas juga dapat meningkatkan gula darah. Penderita diabetes sebaikknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan. Nanas bisa menimbulkan rasa gatal. Kadang habis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan, rendamlah potongan nanas dengan air garam.


Dinukil dari majalah elfata edisi 06 volume 08 tahun 2008, hal. 79

3 komentar:

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya mengatakan...

langsing dengan nanas memang cocok

14 Agustus 2016 07.46
Sabun Penghilang Jerawat mengatakan...

Sabun Menghilangkan Jerawat
Sabun Untuk Jerawat

23 Desember 2016 20.40
Sabun Jerawat RA mengatakan...

Tips menghilangkan jerawat Sabun Muka Untuk Jerawat

25 Mei 2017 09.33

Posting Komentar

 

2009 ·Hudamagazine by TNB