Oemah Jamur

Oemah Jamur
Inovasi Budidaya Jamur Tiram Putih

Bisnis UKM

Bisnis UKM
Informasi Peluang Bisnis UKM di Indonesia

Pengusaha Muslim

Pengusaha Muslim
Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia
Informasi Seputar Pertanian Indonesia dapat didapatkan di Sini

Wortel tak hanya untuk kelinci

Selasa, 08 September 2009


Siapa sih yang gak kenal dengan wortel? Ingat wortel biasanya ingat makanan kelinci. Padahal tak hanya kelinci yang butuh makanan wortel lho. Khasiatnya banyak dan cocok pula dikonsumsi manusia.

Tanaman sayur yang dikenal punya nama latin Dacus carota ini, tidak asing dirumah kita. Wortel yang bisa kita makan ini ternyata punya khasiat yang lumayan oke. Wortel emang enak, namun jangan pandang wortel sekedar enak dibuat sayuran saja. Karena faktanya, wortel punya manfaat yang gak sedikit untuk kesehatan kita. Ubi berwarna orange ini pun mempunyai kandungan kimia yang lumayan komplet. Sebut saja diantaranya, gula, karotin, pectin, aspargin, vitamin A, B, C, D, dan vitamin K, serat, lemak hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino, minyak esensial dan betakaroten.

Ups, tak hanya umbinya yang punya kandungan kimia bermanfaat. Bijinya pun tak kalah hebat. Bagian bijinya mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, dan limonene, asam tiglat, azoron, dan bisabol, meristisin yang berkasiat memberikan efek aprodisiak.

Sedangakan daun wortel mengandung paspirine. Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan system reproduksi.

Manfaatnya Oke !

Manfaat wortel memang oke. Ia berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit. Zat-zat yang terdapat dalam wortel bermanfaat bagi system reproduksi, dalam ini untuk mengatasi kemandulan dan menyuburkan system reproduksi. Kandungan karoten wortel juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dengan istilah kedokteran sebagai avitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Wortel bisa mengatasinya. Didalam wortel juga terdapat pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Minum jus wortel juga dapat mengatasi gangguan kulit, seperti jerawat, bengkak bernanah ataupun kulit kering.

Subhanalloh, banyak kan khasiat wortel? Jelas kan, ia tak hanya perlu bagi para kelinci? Tunggu apa lagi makan wortel yuk! (udi)


Dinukil dari majalah elfata edisi03 volume 08 tahun 2008, hal. 61

0 komentar:

Posting Komentar

 

2009 ·Hudamagazine by TNB