Oemah Jamur

Oemah Jamur
Inovasi Budidaya Jamur Tiram Putih

Bisnis UKM

Bisnis UKM
Informasi Peluang Bisnis UKM di Indonesia

Pengusaha Muslim

Pengusaha Muslim
Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia
Informasi Seputar Pertanian Indonesia dapat didapatkan di Sini

1001 Jalan Kesembuhan

Rabu, 16 September 2009


Banyak cara mengobati penyakit untuk menuju kesembuhan. Alloh pun menjamin bahwa setiap sakit pasti ada obatnya. Ini bisa menjadi gambaran dan motivasi untuk mengobati sakit, baik ringan maupun berat. Jadi Alloh memotivasi diri kita untuk tak pernah menyerah dalam mencari kesembuhan. Yang harus diingat, setiap pengobatan yang kita usahakan harus tetap dalam koridor syar’i.

MENGAPA PENGOBATAN ALTERNATIF ?

Dewasa ini banyak memakai orang memakai pengobatan alternative ketimbang medis. Bahkan beberapa waktu lalu pengobatan alternative ini sempat naik daun. Ada yang sampai terkagum-kagum dengan khasiatnya, karena saat baru pertama kali mencoba langsung merasakan hasilnya. Namun dibalik semua itu orang memilih beberapa alasan. Diantaranya:


1. Back to nature: kembali ke alam. Orang ingin kembali memakai segala sesuatu yang alami. Apalagi sebagian orang merasa jenuh dan bosan dengan mengonsumsi bahan-bahan sintesis dan memakai bahan kimia berbahaya. Baik makanan/minuman ataupun obat.
2. Memperkecil afek samping. Obat alternative lebih kecil efek sampingnya disbanding obat kimia.
3. Biaya lebih murah dibanding berobat medis.
4.Mudah didapat atau bisa ditanam sendiri misalnya untuk jamu (kunyit, temu giring dan sejenisnya bisa ditanam sendiri). Bisa juga membeli siap saji.


MACAM-MACAM PENGOBATAN ALTERNATIF

Jamu

Jamu dibuat dari tumbuhan rempah-rempah yang bisa didapat dengan mudah di sekitar rumah. Biasanya disajikan dengan cara dibuat minuman atau berwujud bubuk instan yang dihaluskan dan siap saji. Jamu olahan bisa berwujud cair atau kering. Jamu yang dikeringkan bisa awet dalam jangka waktu lama.

Obat tradisional ini juga bisa dihasilkan dari tanaman buah/bunga, baik itu digunakan untuk obat dalam/obat luar (luka/keseleo). Bisa dikonsumsi langsung atau juga ditumbuk dibuat minuman. Untuk obat luar biasanya dengan cara dioleskan dan diurut. Ada juga obat yang didapat dari binatang.

Herba

Saat ini obat-obatan herba banyak diminati. Selain sebagai perpaduan dari thibbun nabawi dan obat tradisional Indonesia, obat ini juga dilengkapi izin Depkes dan dapat dipertanggung jawabkan kualitasnya. Keampuhan telah banyak dibuktikan. Untuk lebih memudahkan mengonsumsinya, obat herba ini dikemas dalam bentuk kapsul, bubuk instan, atau pun cair.

Pembuatan dari obat herba ini juga dipisah-pisahkan berdasarkan jenis-jenis penyakit dan cara penggunaannya untuk memudahkan konsumen. Harganya pun cukup terjangkau.

Madu

Madu adalah sari bunga yang dihasilkan oleh lebah. Madu dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang memiliki berpuluh-puluh manfaat, untuk pengobatan atau menjaga stamina. Madu bisa diminum langsung maupun diencerkan dengan air (seperti sirup). Bisa juga dicampurkan dalam jamu atau makanan.

Selain untuk obat dalam, madu bisa juga digunakan sebagai obat luar serta menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Selain jenis pengobatan di atas masih banyak lagi macam pengobatan tradisional lainnya, seperti menggunakan susu kuda liar, susu kambing, minyak zaitun, minyak kelapa (VCO) dan lain-lain.

Bekam

Bekam adalah suatu pengobatan yang telah ada pada masa Rosululloh. Saat ini bekam sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia. Metode bekam tak ubahnya mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh yang dilakukan pada titik tertentu. Bekam terdiri atas 2 macam, yaitu bekam kering dan bekam basah. Berbeda dengan bekam basah, pada bekam kering tidak dilakukan penyayatan untuk mengeluarkan darah kotor.

Pada bekam basah, orang yang melakukan harus benar-benar mahir agar hasil yang dicapai maksimal, dan agar penyayatan tidak mengenai pembuluh darah/syaraf, serta setelah bekam luka kering, tidak membekas. Kadang sayatan diganti dengan menggunakan jarum khusus. Saat dilakukan bekam basah, tekanan darah harus dalam keadaan stabil. Perlu diingat, semua alat yang digunakan untuk bekam harus dalam keadaan bersih dan steril.

Tusuk jarum

Tusuk jarum diperkirakan telah dikenal masyarakat Cina semenjak ratusan tahun silam. Tusuk jarum adalah suatu metode pengobatan dengan menginjeksi tubuh pada titik-titik syaraf tertentu. Tusuk jarum disebut juga akupuntur. Akupuntur kadang juga digabungkan dengan pengobatan medis.

Pijat refleksi

Metode pengobatan ini juga dikenal luas di tengah masyarakat. Pijat refleksi biasanya memakai alat bantu berupa tongkat kecil/kayu yang digunakan untuk memijat titik-titik syaraf tertentu. Selain untuk megendorkan syaraf juga untuk memperlancar peredaran darah.

Bagian titik-titik syaraf tertentu yang diperkirakan mengalami gangguan, jika dipijat atau ditekan dengan ujung jari atau kayu pemijat atau ditekan dengan ujung jari atau kayu pemijat akan terasa sakit. Namun, jika tidak mengalami gangguan akan terasa biasa saja.

Pijat refleksi bisa dilakukan sendiri. Jika kita tak tahu mana titik-titik syaraf yang harus dipijat, di toko-toko buku dapat kita jumpai dengan mudah. Buku petunjuk cara-cara pijat refleksi lengkap beserta gambar titik-titik syaraf untuk sakit kepala kita bisa memijat bagian sela jari antara ibu jari dan telunjuk, dan seterusnya.

Yang ini bukan pengobatan alternatif !!

Pengobatan alternative di atas hanyalah sebagian dari banyak jenis pengobatan. Namun tetaplah hati-hati memilihnya. Ada banyak jenis metode pengobatan ditawarkan dengan menjanjikan kesembuhan. Ada yang mengaku kyai dengan reputasi penyembuhan ini dan itu, memakai rajah atau menggunakan media binatang untuk memindahkan penyakit, terkadang pula membekali pasien dengan benda-benda yang katanya “sudah diisi” sebagai penolak bala penyakit dan kesembuhan. Na’udzubillah.

Sesungguhnya Alloh meminta kita untuk berikhtiar dalam mencari kesembuhan, tapi tidak dengan cara-cara tercela, apalagi dengan cara-cara yang menjatuhkan kita dalam kesyirikan. Islam telah memberikan banyak pengobatan. Seperti thibbun nabawi dengan bekam, madu, minyak zaitun dan lain-lain. Sekali lagi, semoga kita tidak terjebak dalam pengobatan tak syar’I, misalnya dengan mendatangi dukun dan sejenisnya. Dan ingat pula untuk selalu menjaga diri baik lahir maupun batin. (ummu deedat)


Dinukil dari majalah nikah vol. 6, no.11, feb-mar 2009 hal: 5-6.

0 komentar:

Posting Komentar

 

2009 ·Hudamagazine by TNB